cover
Contact Name
Rita Sari
Contact Email
j_tarbawi@iainlangsa.ac.id
Phone
+6285296150610
Journal Mail Official
ritasari17@iainlangsa.ac.id
Editorial Address
Jl. Meurandeh Kampus Zawiyah Cot Kala Langsa
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
ISSN : 20869754     EISSN : 26566370     DOI : 10.32505
Core Subject : Education, Social,
Jurnal At-Tarbawi adalah jurnal hasil penelitian tentang pendidikan,sosial dan kebudayaan. Yang diterbitkan dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019" : 10 Documents clear
KONTRIBUSI PERILAKU KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN LEMBAGA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DOSEN IAIN LANGSA M. Nur, Yusaini
At- Tarbawi Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.888 KB) | DOI: 10.32505/tarbawi.v11i1.893

Abstract

Untuk memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan Kinerja dosen IAIN Langsa, salah satu perlu dilakukan pengkajian terhadap berbagai faktor, terutama faktor perilaku kepemimpinan dan komitmmen lembaga. Untuk mengetahui secara empiris, maka perlu dilakukan suatu penelitian tentang: Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Dalam Memperkuat Komitmen Lembaga dan Kinerja Dosen di IAIN Langsa. Penelitian bertujuan untuk melihat adakah pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap upaya peningkatan kinerja dosen, adakah pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap komitmen lembaga, dan adakah pengaruh komitmen lembaga mampu terhadap kinerja dosen di IAIN Langsa. Untuk menjaring informasi tersebut dirancang tiga perangkat instrumen, yaitu dengan mengunakan angket. Angket variabel kepemimpinan terdiri dari 17 butir pertanyaan, angket komitmen lembaga 12 pertanyaan, dan angket kinerja dosen 16 butir pertanyaan. Anket ini dibagikan kepada seluruh dosen yang ditetapkan sebagai sampel berjumlah 100 orang dosen, dari jumlah populasi 384 orang. Analisis data yang gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji statistik Reggression Matrix Y on X (Standardized). Hasil analisis memberikan kesimpulan bahwa: 1) Perilaku kepemimpinan berpengaruh positif terhadap komitmen lembaga;  2) Perilaku kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja dosen dan; 3) Komitmen lembaga  berpengaruh positif terhadap kinerja dosen.  
IMPLEMENTASI METODE SAINTIFIK OLEH GURU PAI DI SMA SE-ACEH Abidin, Zainal
At- Tarbawi Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (55.017 KB) | DOI: 10.32505/v11i1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tentang metode saintifik dalam implementasi kurikulum 2013 dalam merancang dan melaksanakan  pembelajaran PAI pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Provinsi Aceh. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed method concurrent nested/concurrent embedded strategy) yang dilaksanakan pada 102 sekolah dengan menggunakan instrumen kuesioner dan 12 sekolah menggunakan instrumen wawancara. Penelitian ini melibatkan 211 guru PAI yang dipilih melalui persampelan porposive sampling, simple random sampling dan cluster sampling persampelan untuk kuantitatif dan 12 responden untuk kualitatif. Analisis data penelitian kuantitatif menggunakan statistik inferensi melalui analisis uji-t serta menggunakan analisis data wawancara untuk kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan guru PAI dalam memahami metode saintifik berdasarkan pada substansi kurikulum 2013. Ini menunjukkan bahwa guru PAI wilayah dalam Kota lebih memahami metode pembelajaran saintifik dibandingkan dengan guru PAI luar Kota.
ANALISA KOMPETENSI ALUMNI PENDIDIKAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN DISCRAPANCY EVALUATION MODEL Sari, Rita; Srimuliati
At- Tarbawi Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (31.374 KB) | DOI: 10.32505/tarbawi.v11i1.1026

Abstract

Kurikulum merupakan unsur penting dalam pendidikan dan kerangka dasar juga sebagai indikator dari kemajuan pendidikan. Begitu pentingnya kurikulum sehingga Pemerintah secara kontinu terus melakukan perubahan kurikulum sejak tahun 1975 sampai dengan sekarang. Oleh sebab itu setiap institusi pendidikan wajib memiliki kurikulum termasuk IAIN Langsa sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang menghasilkan calon pendidik khususnya guru matematika pada tingkat satuan pendidikan SMP dan SMA di kota Langsa. Namun pada kenyataannya banyak sekali alumni Prodi PMA yang bekerja tidak sesuai dengan bidang keilmuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancangan kurikulum Prodi PMA dalam memenuhi kebutuhan pasar kerja untuk alumninya. Penelitian ini menggunakan discrapancy evaluation models (DEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa stakeholder menilai bahwa sebahagian alumni Prodi PMA kurang kompeten dalam bekerja. Sehingga perlu dilakukan sebuah perubahan kurikulum terutama pada sebaran mata kuliah dengan memperhatikan kebutuhan kurikulum tingkat sekolah dan pasar kerja.
PEMAHAMAN WARGA MATEMATIKA TERHADAP KONTEKS VISI, MISI, TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA Mazlan
At- Tarbawi Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.312 KB) | DOI: 10.32505/tarbawi.v11i1.1028

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap konteks visi, misi, dan tujuan Program Studi Pendidikan Matematika (Prodi PMA).Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner terbuka dan tertutup, artinya kuesioner berisi pertanyaan dengan empat (4) pilihan jawaban dan disertai penjelasan atas pemilihan jawaban tersebut.Sampel penelitian ditetapkan sebesar 20% yaitu sebanyak 61 orang mahasiswa dari tiap semester. Hasil penelitian menunjukkan; (1) hampir seluruhnya mahasiswa yaitu 60 orang (98,36%)sangat paham konteks visi tentang kata unggul, 13 orang termasuk sangat paham (21,31%) dan mampu mengartikan kata profesional, dan 60 orang sangat paham (98,36%) serta mampu mengartikan kata rahmatan lil?alamin, (2) Mahasiswa hampir seluruhnya sangat paham akan misi Prodi PMA yang pertama (98,36%), dan seterusnya dengan persentase yang sama untuk misi kedua, ketiga, dan keempat, (3) Tingkat pemahaman warga matematika terhadap konteks tujuan ProdiPMA yaitu sangat paham hanya pada tujuan yang pertama dengan jumlah mahasisswa 55 orang (90,16%), sedangkan pada tujuan yang kedua, ketiga, keempat, kelima, dan keenam, berada pada kategori sangat paham sebanyak 9 orang (14,75%). Jadi secara umum dapat dikatakan bahwa mahasiswa Prodi PMA hampir seluruhnya paham akan konteks visi, misi, dan tujuan Prodi PMA yang baru.
INTEGRASI AL-QURAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA Anggreni, Fenny
At- Tarbawi Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.951 KB) | DOI: 10.32505/tarbawi.v11i1.1029

Abstract

Tujuan Pendidikan di Indonesia adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berbagai aspek, baik dalam bidang kemampuan kognitif maupun kemampuan keagamaan. Salah satu upaya untuk dapat memenuhi tujuan tersebut adalah dengan cara mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dengan ilmu pengetahuan agama. Contoh Integrasi ini adalah dengan mengaitkan mata pelajaran matematika dengan Al-Quran. Alasan dibalik integrasi ini dikarenakan kandungan Al-Quran banyak mencakup tentang simbol-simbol angka dan makna yang juga merupakan bagian dari matematika. Integrasi ini juga diterapkan di Institusi pendidikan di Indonesia. Hanya saja masih sedikit penelitian yang dilakukan untuk mengintegrasi pendidikan matematika dengan Al-Quran untuk meningkatkan kemampuan siswa di Indonesia demikian juga di Aceh terutama Aceh Tamiang yang belum pernah melakukan penelitian tersebut. Terkait dengan kesenjangan literatur yang ada sehingga penelitian ini dilakukan untuk menganalisa bagaimana integrasi Al-Quran pada mata pelajaran matematika terhadap kemampuan siswa di MTs Aceh Tamiang.  Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, desain penelitiannya menggunakan One shot case study design, instrumennya menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Al-Quran pada mata pelajaran matematika di MTs Aceh Tamiang dikatakan baik karena siswa berada di atas rata-rata. Maka disarankan untuk sekolah-sekolah lain untuk menerapkan Al-Quran pada mata pelajaran matematika.
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI MTSN LANGSA Zaimah
At- Tarbawi Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (47.424 KB) | DOI: 10.32505/tarbawi.v11i1.1031

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam bidang studi IPA, kegiatannya dilaksanakan dalam proses pembelajaran, dengan memaksimalkan keaktifan siswa, guru hanya sebagai fasilitator dan motifator. Dalam pembelajaran guru menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif. Siswa diharapkan memiliki aktifitas belajar yang tinggi sehingga segala kesulitan yang di hadapi siswa dapat teratasi. Metodologi penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya kelas VII4.  Adapun data dalam penelitian ini diperoleh dengan nilai tes dan observasi. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dan berdasarkan pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif memiliki dampak positif yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam siklus I 6 siswa atau 22,22 % yang tuntas dan pada siklus dua diperoleh nilai siswa yang berhasil tuntas sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM 70) sebesar  25 siswa atau 92,59 %. Maka dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Strategi Belajar Aktif  pada siswa kelas VII ? 4 di MTs Negeri Langsa tahun pelajaran 2013/2014.
PILIR-PILAR MANAJEMEN KONSEP KELUARGA SAKINAH Sakdan, Ibnu
At- Tarbawi Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.844 KB) | DOI: 10.32505/tarbawi.v11i1.1032

Abstract

Kehidupan keluarga tidak terlepas dari sistem nilai yang ada dalam masyarakat yaitu agama, adat istiadat, nilai-nilai sosial, dan nilai-nilai kesakralan keluarga. Dimana sistem nilai tersebut sering mengalami degradasi, misalnya degradasi agama yaitu pada saat ini banyak umat yang kurang taat beribadah sebagaimana diperintahkan oleh agamanya. Untuk kondisi keluarga modern sendiri mempunyai ciri utama kemajuan dan perkembangan di bidang pendidikan, ekonomi, dan pergaulan. Dalam keluarga ada kalanya mengalami krisis maksudnya kehidupan keluarga dalam keadaan kacau, tak teratur dan terarah, antara suami istri tidak harmonis, kadangkala orang tua kehilangan kewibawaan untuk mengendalikan anak-anaknya, kondisi seperti ini sering terjadi dalam keluarga modern saat ini. disebabkan mereka tidak begitu paham dengan makna berkeluarga itu sendiri, dalam keluarga tidak hanya finansial, semata yang dibutuhkan tapi lebih dari pada itu juga keharmonisan, saling menghargai keterbukaan, saling menjaga dan saling menghormati sehingga terciptalah keluarga yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan agama. Oleh karena itu keluarga merupakan kelompok terkecil dalam sebuah tatanan masyarakat. Keluarga yang baik adalah awal dari masyarakat yang sejahtera. Sebaliknya, keluarga yang amburadul adalah pertanda hancurnya sebuah masyarakat. Keluarga-keluarga yang harmonis akan mewujudkan masyarakat yang aman dan damai. Mengingat begitu pentingnya peranan keluarga dalam menciptakan masyarakat yang baik dan sejahtera, maka Islam memberikan perhatian yang sangat besar bagaimana mengelola sebuah keluarga yang sakinah, mawaddah, warrahmah.
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING WITH QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Rahayu, Nina
At- Tarbawi Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.464 KB) | DOI: 10.32505/tarbawi.v11i1.1057

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan hasil belajar melalui implementasi strategi pembelajaran mastery learning with quiz team, dan (2) mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui implementasi strategi pembelajaran mastery learning with quiz team. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dikelas IV SD Negeri Sukarejo Kecamatan Langsa Timur dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap tes hasil belajar, aktivitas guru dan siswa, Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan : (1) implementasi strategi pembelajaran mastery learning with quiz team dapat meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran  matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siklus I sebesar 58.82%, siklus II 76.47%, dan pada siklus III sebesar 88.23%, dan (2) ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan terhadap pembelajaran matematika sebesar 29.41%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa materi penjumlahan dan pengurangan melalui penggunaan strategi pembelajaran mastery learning with quiz team pada siswa kelas IVA SD Negeri Sukarejo Langsa. Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan guru matematika SD Negeri Sukarejo Langsa mengajarkan pecahan melalui strategi pembelajaran mastery learning with quiz team. Hal ini dapat dipahami karena terbukti dalam penelitian ini, strategi pembelajaran mastery learning with quiz team dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan.
PANDANGAN POSITIF MATEMATIKA TERHADAP INTERNALISASI NILAI “PERFORMANCE CHARACTER” DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR Husen, Sabaruddin Dahlan; ., Rosnidar
At- Tarbawi Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (45.147 KB) | DOI: 10.32505/tarbawi.v11i1.1064

Abstract

This article has a purpose to discuss about character building for students in elementary level by developing positive attitude and positive opinion towards mathematics. Indonesian government today continuously has tried to improve the quality of education by revising curriculum to all levels of education starting from elementary school to senior high school. The new implemented curriculum focus on the implementation of character which is integrated with all school subjects including mathematics. Character building at elementary level becomes main concern by all people because the main focus at elementary level is more on building good attitude rather than on knowledge and skill. This paper describes about on how to develop performance character and mathematics positively which includes confidence, positive view towards mathematics, improve students? patience, improve student?s competence, praise for the student?s effort, develop student?s cleverness and gives motivation. By developing performance character and mathematics positivity could create an effective mathematics class, improve student?s behavior, avoid student?s constrain in learning mathematics and enhance student?s interest in learning mathematics.
PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI WRITING TEKS DESCRIPTIVE Halim, Fauziatul
At- Tarbawi Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di MTs Negeri Langsa banyak siswa kelas VII yang merasa kesulitan dalam menulis teks monolog berbentuk deskriptif. Ini disebabkan karena sedikitnya kosakata yang dihafal dan dimengerti maknanya serta kurangnya penguasaan tata bahasa atau grammar. Hal ini terjadi karena kebanyakan siswa kurang berminat terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris, karena menganggap Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik.. tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa  kelas VII.1 MTsN Langsa dalam menulis teks descriptive. Metodologi yang digunakan menggunaka penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitiannya siswa kelas VII.I MTsN Langsa. Hasil pengamatan selama penelitian, menunjukkan bahwa siswa nampak antusias begitu metode mind mapping diperkenalkan hingga diterapkan untuk menulis. Waktu mengerjakan tugaspun, semua dapat mengumpulkan tugas. Dari hasil pengolahan data tersebut, diperoleh persentase ketuntasan belajar pada Siklus I sebesar 39 %, pada Siklus II sebesar 100 %,. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan pada tiap-tiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru Bahasa Inggris MTs menggunakan metode mind mapping untuk pembelajaran aspek writing maupun aspek-aspek pembelajaran yang lain. Selain dapat menumbuhkan kreatifitas dan menarik, metode ini juga memuat berbagai metode dan dapat memunculkan ide.

Page 1 of 1 | Total Record : 10